SISTEM PELAYANAN RESTORAN BERBASIS WEB DAN MOBILE
-
PENDAHULUAN
Penggunaan software selama tahun belakangan ini
semakin meningkat, fungsi mempermudah , mempercepat , dan efisiensi tempat ,
merupakan beberapa kelebihan yang membuat tingginya minat masyarakat dalam
menggunakan software . Software
menjadi suatu alat bantu yang sangat penting , mengingat semakin banyaknya
macam-macam software yang telah
digunakan diberbagai bidang.
Salah satu bidang yang
memanfaatkan software adalah
pelayanan dan jasa . Perusahaan-perusahaan dalam bidang pelayanan dan jasa
menargetkan banyak hal , maka banyak manajemen dalam sebuah perusahaan semakin
ditingkatkan . Meningkatnya jumlah kebutuhan dan keinginan pelanggan lalu
persaiangan yang semakin ramai , membuat beberapa perusahaan mencoba untuk
melakukan pengembangan pada manajemen dan pelayanan.
Sistem manajemen modern
menggunakan software untuk membuat
inovasi dan terobosan baru , sebagai bentuk pengembangan baik objektif maupun
subjektif. Contohnya adalah pada restoran untuk mengelola aktivitas di sana
seperti menu order, pengolahan menu di dapur, dan menghasilkan laporan
keuangan. Untuk menguji bagaimana sistem manajemen restoran berbasis software , digunakan beberapa metode
yang sesuai dengan prinsip restoran yang bersangkutan . Untuk mencari referensi
, Penulis ingin melakukan review terhadap
jurnal “ PERANCANGAN SISTEM MANAJEMEN RESTORAN BERBASIS MOBILE DALAM JARINGAN
LOKAL “ .
TUJUAN
Sistem manajemen berbasis
apilkasi mobile dalam jaringan lokal
dapat meningkatkan kualitas pelayan dan efesiensi waktu , meningkatkan kepuasan
pelanggan restoran.
Menggunakan metodologi waterfall atau air terjun adalah salah
satu jenis metode yang digunakan dalam
melakukan sebuah pengembangan sistem , jenis metode ini berurutan dan
berkelanjutan . Pada model pengembangan sistem metode waterfall, sebuah pengembangan sistem dilakukan berdasarkan urutan
analisis, desain, pengkodean, pengujian, dan supporting. Pertama melakukan observasi terhadap restaurant yang
telh menggunakan sistem restoran modern
HASIL DAN PEMBAHASAN
h
o Jika
ingin melakukan perancangan sistem manajemen restoran dengan aplikasi pemesanan
restoran berbasis mobile dalam jaringan lokal . pertama melakukan survei
terhadap kondisi restoran, sumber daya yang tersedia , ide dan pendapat dari
manajemen restoran , software yang
ingin digunakan , dan yang tidak kalah penting adalah menemukan keinginan dan
pendapat pelanggan.
o Dalam
menggunakan metodologi waterfall ada
beberapa tahap yang digunakan. Pertama Analisis kebutuhan yaitu mengobservasi
kebutuhan restoran untuk mengurangi resiko kegagalan sistem dan mencari
komponen apa saya yang dibutuhkan dalam membangun sistem terintegrasi ini dapat
diketahui.
Kedua adalah tahap perancangan yaitu membuat sistem yang
cepat, tepat dan efektif agar sesuai dengan cara kerja restoran .
Ketiga melakukan implementasi sistem menjadi aplikasi berbasis web dan mobile ,
dengan menggunakan server yang tersedia pada setiap Sistem Operasi dan dapat
diakses melalui web browser . Sistem akan dijalankan melalui jaringan LAN yang
telah ditentukan .
Keempat pengujian dilapangan , biasanya dalam bentuk beta
tester apakah ada kesalahan atau tidak dapat diketahu dari pengujian dan
penelitian langsung dilapangan . Pada restoran sistem terintegrasi ini digukan
oleh lima pengguna yang memilihki hak hak akses tersendiri . Owner atau pemilik
restoran memiliki peran untuk mendaftarkan user kedalam sistem dan melihat
record keseluruhan dari sistem. Hak akses manager untuk mengawasi kegiatan operasional
dan keuangan .
Saat langsung berinteraksi dengan pelanggan pelayan, koki dan
kasir adalah tiga pengguna terpenting . Pelayan bertugas melakukan pencatatan
data untuk setiap pesanan yang diterima,
pada jurnal yan saya review
kembli sistem menggunakan software XAMPP untuk yang berbasis web dan android
untuk yang berbasis mobile. Pelanggan dapat membaca dan pemesanan baik itu
tempat duduk ataupun makanan dan minuman telah memnuhi syarat , lalu disimpan
di database .
Koki bertugas untuk
memilih langsung mengolah data pesanan , data pesanan masuk di timeline
kerja koki yang berasal dari pelanggan dengan hak akses pelayan . Kasir
,memiliki fungsi untuk mengambil data dari database “pemesanan pelanggan “ lalu
melakukan penghitungan aritmatik terhadap nominal yang telah dipesankan.
KESIMPULAN
Aplikasi dengan basis web
dapat mengolah pesanan , mengolah tagihan pembayaran , dan mengelola pengguna
berdasarkan hak akses yang telah ditentukan . Aplikasi dengan basis mobile
melakukan pencatatan pemesanan dari pelanggan . Terbukti bahwa penggunaan
sistem terintegrasi web dan mobile ini dapat meningkatkan derajat restoran dan secara langsung meningkatkan harga jual
produk . Pelanggan secara langsung dapat berinteraksi dengan seluruh restoran
karena data akan langsung masuk ke database restoran sehingga meminimalkan
kesalahan atau mengurangi tingkat kegagalan pemesanan .
DAFTAR PUSTAKA
Dini , 15 October 2015 : Kelebihan dan Kekurangan Metode Waterfall
dalam Pengembangan Sistem, http://dosenit.com/kuliah-it/teknologi-informasi/kelebihan-dan-kekurangan-metode-waterfall (diakses 9 Oktober 2016) .
0 komentar