Swift

SISTEM PELAYANAN RESTORAN BERBASIS WEB DAN MOBILE


-         
   PENDAHULUAN

                 Penggunaan software selama tahun belakangan ini semakin meningkat, fungsi mempermudah , mempercepat , dan efisiensi tempat , merupakan beberapa kelebihan yang membuat tingginya minat masyarakat dalam menggunakan software . Software menjadi suatu alat bantu yang sangat penting , mengingat semakin banyaknya macam-macam software yang telah digunakan diberbagai bidang.
Salah satu bidang yang memanfaatkan software adalah pelayanan dan jasa . Perusahaan-perusahaan dalam bidang pelayanan dan jasa menargetkan banyak hal , maka banyak manajemen dalam sebuah perusahaan semakin ditingkatkan . Meningkatnya jumlah kebutuhan dan keinginan pelanggan lalu persaiangan yang semakin ramai , membuat beberapa perusahaan mencoba untuk melakukan pengembangan pada manajemen dan pelayanan.
                 Sistem manajemen modern menggunakan software untuk membuat inovasi dan terobosan baru , sebagai bentuk pengembangan baik objektif maupun subjektif. Contohnya adalah pada restoran untuk mengelola aktivitas di sana seperti menu order, pengolahan menu di dapur, dan menghasilkan laporan keuangan. Untuk menguji bagaimana sistem manajemen restoran berbasis software , digunakan beberapa metode yang sesuai dengan prinsip restoran yang bersangkutan . Untuk mencari referensi , Penulis ingin melakukan review terhadap jurnal “ PERANCANGAN SISTEM MANAJEMEN RESTORAN BERBASIS MOBILE DALAM JARINGAN LOKAL “ .

TUJUAN

               Sistem manajemen berbasis apilkasi mobile dalam jaringan lokal dapat meningkatkan kualitas pelayan dan efesiensi waktu , meningkatkan kepuasan pelanggan restoran.

METODE PENELITIAN


                Menggunakan metodologi waterfall atau air terjun adalah salah satu jenis metode yang  digunakan dalam melakukan sebuah pengembangan sistem ,  jenis metode ini berurutan dan berkelanjutan . Pada model pengembangan sistem metode waterfall, sebuah pengembangan sistem dilakukan berdasarkan urutan analisis, desain, pengkodean, pengujian, dan supporting. Pertama melakukan observasi terhadap restaurant yang telh menggunakan sistem restoran modern 

HASIL DAN PEMBAHASAN
h
o     Jika ingin melakukan perancangan sistem manajemen restoran dengan aplikasi pemesanan restoran berbasis mobile dalam jaringan lokal . pertama melakukan survei terhadap kondisi restoran, sumber daya yang tersedia , ide dan pendapat dari manajemen restoran , software yang ingin digunakan , dan yang tidak kalah penting adalah menemukan keinginan dan pendapat pelanggan.
o     Dalam menggunakan metodologi waterfall ada beberapa tahap yang digunakan. Pertama Analisis kebutuhan yaitu mengobservasi kebutuhan restoran untuk mengurangi resiko kegagalan sistem dan mencari komponen apa saya yang dibutuhkan dalam membangun sistem terintegrasi ini dapat diketahui. 
Kedua adalah tahap perancangan yaitu membuat sistem yang cepat, tepat dan efektif agar sesuai dengan cara kerja restoran   . Ketiga melakukan implementasi sistem menjadi aplikasi berbasis web dan mobile , dengan menggunakan server yang tersedia pada setiap Sistem Operasi dan dapat diakses melalui web browser . Sistem akan dijalankan melalui jaringan LAN yang telah ditentukan .
Keempat pengujian dilapangan , biasanya dalam bentuk beta tester apakah ada kesalahan atau tidak dapat diketahu dari pengujian dan penelitian langsung dilapangan . Pada restoran sistem terintegrasi ini digukan oleh lima pengguna yang memilihki hak hak akses tersendiri . Owner atau pemilik restoran memiliki peran untuk mendaftarkan user kedalam sistem dan melihat record keseluruhan dari sistem. Hak akses manager untuk mengawasi kegiatan operasional dan keuangan .
Saat langsung berinteraksi dengan pelanggan pelayan, koki dan kasir adalah tiga pengguna terpenting . Pelayan bertugas melakukan pencatatan data untuk setiap pesanan yang diterima,  pada jurnal yan saya  review kembli sistem menggunakan software XAMPP untuk yang berbasis web dan android untuk yang berbasis mobile. Pelanggan dapat membaca dan pemesanan baik itu tempat duduk ataupun makanan dan minuman telah memnuhi syarat , lalu disimpan di database .
Koki bertugas untuk  memilih langsung mengolah data pesanan , data pesanan masuk di timeline kerja koki yang berasal dari pelanggan dengan hak akses pelayan . Kasir ,memiliki fungsi untuk mengambil data dari database “pemesanan pelanggan “ lalu melakukan penghitungan aritmatik terhadap nominal yang telah dipesankan.

KESIMPULAN

Aplikasi dengan basis web dapat mengolah pesanan , mengolah tagihan pembayaran , dan mengelola pengguna berdasarkan hak akses yang telah ditentukan . Aplikasi dengan basis mobile melakukan pencatatan pemesanan dari pelanggan . Terbukti bahwa penggunaan sistem terintegrasi web dan mobile ini dapat meningkatkan derajat restoran  dan secara langsung meningkatkan harga jual produk . Pelanggan secara langsung dapat berinteraksi dengan seluruh restoran karena data akan langsung masuk ke database restoran sehingga meminimalkan kesalahan atau mengurangi tingkat kegagalan pemesanan .

DAFTAR PUSTAKA

Dini , 15 October 2015 : Kelebihan dan Kekurangan Metode Waterfall dalam Pengembangan Sistem, http://dosenit.com/kuliah-it/teknologi-informasi/kelebihan-dan-kekurangan-metode-waterfall (diakses 9 Oktober 2016) .


You Might Also Like

0 komentar

Flickr Images