Pengertian E-commerce, dan E-banking
1.
E-Banking
E-banking
didefinisikan sebagai penghantaran otomatis jasa dan produk bank secara
langsung kepada nasabah melalui elektronik, saluran komunikasi interaktif.
E-Banking meliputi sistem yang memungkinkan nasabah bank, baik individu ataupun
bisnis, untuk mengakses rekening, melakukan transaksi bisnis, atau mendapatkan
informasi produk dan jasa bank melalui jaringan pribadi atau publik, termasuk
internet. Nasabah dapat mengakses e-banking melalui piranti pintar elektronik
seperti komputer/PC, PDA, ATM, atau telepon.
Berikut ini contoh penerapan E-Banking
·
Phone Banking adalah alat yang memungkinkan
nasabah untuk melakukan transaksi dengan bank melalui perantara telepon.. Pada
awalnya, layanan Phone Banking hanya bersifat informasi yaitu untuk informasi
jasa/produk bank dan informasi saldo rekening serta dilayani oleh Customer
Service Operator/CSO. Kemudian berkembang untuk transaksi pemindahan buku antar
rekening, pembayaran (a.l. kartu kredit, listrik, dan telepon), pembelian (a.l.
voucher dan tiket), dan transfer ke bank lain; serta dilayani oleh Interactive
Voice Response (IVR). Fasilitas ini boleh dibilang lebih praktis ketimbang ATM
untuk transaksi non tunai, karena cukup menggunakan telepon/HP di manapun kita
berada, kita bisa melakukan berbagai transaksi, termasuk transfer ke bank lain.
·
Internet Banking, nasabah dapat melakukan
transaksi via internet dengan menggunakan komputer/PC atau PDA. Fitur transaksi
yang dapat dilakukan sama dengan Phone ,Kelebihan dari saluran ini adalah
kenyamanan bertransaksi dengan tampilan menu dan informasi secara lengkap
tertampang di layar komputer/PC atau PDA.
·
ATM (Anjungan
Tunai Mandiri ) adalah sebuah alat elektronik yang melayani nasabah bank untuk mengambil uang dan mengecek
rekening tabungan mereka tanpa perlu dilayani oleh seorang "teller"
manusia. Banyak ATM juga melayani penyimpanan uang atau cek, transfer uang atau bahkan membeli perangko.
2.
E-Commerce
E-commerce
atau Perdagangan elektronik adalah penyebaran, pembelian,
penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet
atau televisi, atau jaringan komputer lainnya. E-dagang dapat melibatkan
transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen
inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis. Kegiatan e-commerce
ini merupakan aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang
berhubungan dengan transaksi komersial.
Contoh
E-commerce.
a.
transfer dana secara elektronik,
b.
SCM (supply chain management),
c.
pertukaran data elektronik (electronic data
interchange /EDI),
d.
pemasaran online (online marketing), atau
e-pemasaran (e-marketing),
e.
pemrosesan transaksi online (online transaction
processing),
f.
dll.
0 komentar