E-Banking
Mengikuti perkembangan zaman yang pesat ini , teknologi perbankan juga semakin maju apalagi di era perputaran uang yang semkin cepat ini . Semakin baik teknologi banknya maka semakin banyak juga konsumen yang tertarik mengikuti atau mendaftarkan diri menjadi konsumen bank tersebut.
Apa yang dibutuhkan konsumen ialah kecepatan,keamanan,kenyamanan,reliable,dan kejelasan . Artinya teknologi harus mengikuti kebutuhan para konsumen , muncullah alat-alat yang digunakan untuk mempermudah melakukan transaksi bukan hanya transaksi di bank saja tapi sudah bisa dilakukan walau di tempat terpencil tanpa adanya bank.
E-banking yang juga dikenal dengan istilah internet banking ini adalah melakukan transaksi, pembayaran, dan transaksi lainnya melalui internet dengan website milik bank yang dilengkapi sistem keamanan. Dari waktu ke waktu, makin banyak bank yang menyediakan layanan atau jasa internet banking yang diatur melalui Peraturan Bank Indonesia No. 9/15/PBI/2007 Tahun 2007 tentang Penerapan Manajemen Risiko Dalam Penggunaan Teknologi Informasi Oleh Bank Umum.
Penyelenggaraan internet banking merupakan penerapan atau aplikasi teknologi informasi yang terus berkembang dan dimanfaatkan untuk menjawab keinginan nasabah perbankan yang menginginkan servis cepat, aman, nyaman murah dan tersedia setiap saat (24 jam/hari, 7 hari/minggu) dan dapat diakses dari mana saja baik itu dari HP, Komputer, laptop/ note book, PDA, dan sebagainya. Internet banking telah memberikan keuntungan kepada pihak bank antara lain:
- Business expansion. Dahulu sebuah bank harus memiliki sebuah kantor cabang untuk beroperasi di tempat tertentu. Kemudian hal ini dipermudah dengan hanya meletakkan mesin ATM sehingga dia dapat hadir di tempat tersebut. Kemudian ada phone banking yang mulai menghilangkan batas fisik dimana nasabah dapat menggunakan telepon untuk melakukan aktivitas perbankannya. Sekarang ada internet banking yang lebih mempermudah lagi karena menghilangkan batas ruang dan waktu.
- Customer loyality. Khususnya nasabah yang sering bergerak (mobile), akan merasa lebih nyaman untuk melakukan aktivitas perbankannya tanpa harus membuka account di bank yang berbeda-beda di berbagai tempat. Dia dapat menggunakan satu bank saja.
- Revenue and cost improvement. Biaya untuk memberikan layanan perbankan melalui Internet Banking dapat lebih murah daripada membuka kantor cabang atau membuat mesin ATM.
- Competitive advantage. Bank yang memiliki internet banking akan memiliki keuntungan dibandingkan dengan bank yang tidak memiliki internet banking. Dalam waktu dekat, orang tidak ingin membuka account di bank yang tidak memiliki fasilitas Internet Banking.
- New business model. Internet Banking memungkinan adanya bisnis model yang baru. Layanan perbankan baru dapat diluncurkan melalui web dengan cepat.
Transfer Dana
- Transfer antar Rekening
- Transfer antar Bank Domestik
- Daftar Transfer Terjadwal
- Telkom & Telepon CDMA
- Telepon GSM
- Internet
- Kabel TV
- Kartu Kredit
- Listrik
- Angsuran
- Asuransi
- Pendidikan
- Dan lain-lain
- Pulsa Telepon CDMA
- Pulsa Telepon GSM
- Tiket
- Penempatan Deposito Berjangka
- Rek. Tabungan & GIRO
- Posisi Saldo
- Histori Transaksi
- Daftar Rekening
- Rek. Deposito
- Rek. Pinjaman
- Informasi Kartu Visa
sumber :
https://bsriwidodo.wordpress.com/2008/09/23/apa-itu-internet-banking/
http://id.wikipedia.org/wiki/E-banking
0 komentar